Hidayat Nur Wahid Sebut Zionis Nusantara, Siapa yang Dimaksud?

Hidayat Nur Wahid Sebut Zionis Nusantara, Siapa yang Dimaksud?

JAKARTA - Frasa Zionis Nusantara tengah menjadi perbincangan. Label itu diucapkan Wakil Ketua MR RI, Hidayat Nur Wahid (HNW) kepada pendukung penjajahan Israel kepada Palestina.

HNW yang juga Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menilai sikap para pendukung penjajah Israel yang di Indonesia sering disebut sebagai zionis nusantara.

Sikap mereka tidak sejalan dengan PBNU dan PP Muhammadiyah yang merupakan cerminan mayoritas bangsa. Serta partai politik seperti PKS, perwakilan rakyat di DPR dan MPR.

HNW menilai langkah yang dilakukan Pemerintah Indonesia terkait Palestina perlu diapresiasi karena istiqamah sesuai amanat konstitusi dan warisan kenegarawanan Bapak Bangsa.

HNW menilai tuduhan membantu perjuangan Palestina adalah membantu terorisme adalah bohong dan tidak benar.

Bisa jadi tuduhan itu sengaja disampaikan untuk pengalihan isu dari fakta lain bahwa justru AS yang memberikan bantuan dana untuk kepentingan militer Israel setiap tahunnya sebesar US$ 3,8 miliar.

Kendati demikian, istilah Zionis Nusantara kemudian menjadi perbincangan.

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menjelaskan, sebutan zionis nusantara dikaitkan dengan pihak yang mendukung serangan Israel terhadap warga Palestina.

Dia menilai zionis nusantara itu sebenarnya tahu bahwa Israel zalim, tapi tetap mendukung.

\"Sebutan zionis nusantara bisa jadi ditujukan pada mereka yang mendukung Israel padahal tahu kezaliman Israel. Konstitusi kita mengamanahkan untuk meneguhkan prinsip kemerdekaan adalah hak segala bangsa,\" ucapnya. (yud/dtc)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: